Saturday, April 11, 2020

Peran Serta Warga Negara dalam Mendukung Implementasi Wawasan Nusantara (E-Learning COVID19)

Implementasi Wawasan Nusantara 
Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Adapun implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam berbagai bidang, adalah sebagai berikut.

Bidang Politik
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat.

Bidang Ekonomi
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil. Disamping itu, implementasi wawasan nusantara mencerminkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam yang memperhatikan kebutuhan masyarakat antar daerah secara timbal balik serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri.

Bidang Sosial Budaya
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang Pencipta. Implementasi ini juga akan menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membeda-bedakan suku, asal usul daerah, agama atau kepercayaan, serta golongan berdasarkan status sosialnya.

Bidang Pertahanan dan Keamanan
Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. Kesadaran dan sikap cinta tanah air dan bangsa serta bela negara ini akan menjadi modal utama yang akan menggerakkan partisipasi setiap warga negara Indonesia dalam menanggapi setiap bentuk ancaman, seberapapun kecilnya dan dari manapun datangnya, atau setiap gejala yang membahayakan keselamatan bangsa dan kedalaulatan negara.

Peran Serta Warga Negara dalam Mendukung Implementasi Wawasan Nusantara
Peran serta dalam penerapan asas-asas wawasan nusantara dalam tata kehidupan nasional memerlukan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam seluruh proses penyelenggaraan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mengisi pembangunan. Peran serta warga negara dalam penerapan wawasan kebangsaan diantaranya adalah sebagai berikut:
·      Menjaga terjalinnya persatuan dan kesatuan
·      Menanamkan rasa cinta tanah air
·      Bersikap patriotisme dan nasionalisme
·      Menghargai perbedaan yang ada
·      Melestarikan budaya bangsa
·      Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat
·      Aktif dalam kegiatan bakti sosial
·      Memelihara tradisi gotong royong
·      Menggunakan produk dalam negeri

Pertanyaan, berikan lima contoh peranan siswa dalam mendukung implementasi wawasan nusantara!
Silakan tulis jawabannya pada kolom komentar di bawah ini, kemudian salin jawabanya ke kelas Moodle (e-learning pandemi covid-19)!

2 comments:

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...