Tuesday, February 11, 2020

Kuis Online Penggugah Ketertarikan Siswa pada Evaluasi dalam Pelajaran PPKn

Salam hangat Bapak/Ibu Guru hebat seantero nusantara, salam semangat dan teruslah jadi penggerak. Mas Nadiem Menteri Pendidikan kita telah mencanangkan kebijakan MERDEKA BELAJAR. Dengan demikian, Guru diberikan kemerdekaan dalam menemukan paduan yang sesuai antara tuntutan kurikulum, kebutuhan murid, dan situasi lokal. Sementara Murid, bisa merdeka dalam menetapkan tujuan belajar yang lebih bermakna, memilih cara belajar yang efektif, dan terbuka melakukan refleksi bersama guru.

Terkait dengan guru merdeka sesuai abad 21 dan era revolusi industri 4.0 ini kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman sehingga dalam menerapkan strategi, model, atau metode pembelajaran tidak ketinggalan. Guru harus senantiasa mau untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya sesuai profesi. Saat ini, sudah banyak wadah pelatihan untuk guru baik secara online maupun tatap muka dalam meningkatkan kompetensi profesinya. Jadi tidak ada alasan lagi bagi guru untuk tidak bisa menggunakan komputer ataupun internet terkecuali ada yang masih menutup diri dan tidak mau terus belajar.

Di era milenial ini, kita bisa memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk menunjang proses pembelajaran. Banyak konten atau situs gratis di internet yang dapat kita olah dan gunakan sebagai penunjang pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana belajar siswa menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan memanfaatkan konten atau situs gratisan seperti; Kahoot, Google Form/Drive, dan Quizizz yang dapat kita gunakan untuk membuat soal-soal evaluasi pembelajaran berbasis Game atau Kuis.
Sudah saatnya kita beralih dari ujian tulis berbasis kertas ke ujian online berbasis android atau komputer. Adapun manfaat yang diperoleh yang pertama praktis, karena rekapan nilai dan analisis soalnya otomatis tersimpan dalam sistem. Kedua, soal bisa dipakai lagi untuk melakukan ujian yang sama dikemudian hari. Ketiga, soal bisa diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan. Keempat, efisien dan hemat karena tidak membutuhkan penggandaan soal dan lembar jawaban. Kelima, menarik karena banyak siswa yang senang mengikuti ujuan online lewat Kahoot, Google Form/Drive, dan Quizizz. Keenam, bisa diterapkan untuk semua mata pelejaran termasuk PPKn. Ketujuh, bisa dimainkan live di kelas juga bisa buat pekerjaan rumah dengan membagikan link dan kodenya.

Bagi yang belum pernah mencoba, yuk saatnya kita coba. Jangan berkelut dilingkaran zona nyaman saja dengan hanya mengandalkan metode pembelajaran lama. Simak tutorial pembuatan soal online pada tayangan berikut.

0 komentar:

Post a Comment

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...