Monday, October 19, 2020

Pemanfaatan Fitur Kelas Maya dengan Model SOLE dalam Proses Pembelajaran Daring

Sahabat, sekarang ini perkembangan teknologi dan informasi kian semakin pesat. Termasuk dalam dunia pendidikan yang saat ini tak lepas dari adanya digitalisasi dengan memanfaatkan berbagai alat teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Terlebih lagi sejak Pandemi COVID-19 merongrong masuk ke Indonesia, yang mengakibatkan adanya perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi tatap maya/daring. Kondisi ini merubah semuanya menjadi kebiasaan baru, dari semula proses pembelajaran dilakukan di dalam kelas secara langsung beralih ke kelas daring.

Banyak platform yang dapat digunakan untuk membuat kelas daring, salah satunya adalah Kelas Maya yang merupakan salah sau fitur utama di Portal Rumah Belajar. Kelas Maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja, asalkan guru dan siswa memiliki koneksi internet dan perangkat gawai seperti komputer/laptop/notebook.

Pemanfaatan Kelas Maya dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) yang menitik beratkan proses pembelajaran mandiri untuk belajar dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar lainnya. Model pembelajaran SOLE dapat digunakan oleh kita sebagai guru untuk mengeksplorasi kedalaman dalam pemahaman materi kepada siswa dengan memanfaatkan rasa keingintahuan yang dimilikinya.

Namun seblum kita menerapkan model pembelajaran SOLE dengan memanfaakan salah satu fitur utama Portal Rumah Belajar, terlebih dulu harus melakukan pendaftaran dengan membuat akun di Kelas Maya. Mekanismenya, sekolah harus didaftarkan dulu sebagai penyelenggara dengan menyiapkan NPSN. Kemudian guru mendaftarkan diri dan membuat kelas daring sesuai mata pelajaran yang diampunya. Terakhir, daftarkan siswa dengan menggunakan NISN untuk dapat bergabung ke kelas yang sudah kita buat. Panduan lengkap untu pendaftaran di Kelas Maya dapat diakses di laman https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/.

Caranya, dapat mengikuti langkah-langkah sebagaimana berikut.

  • Akses ke Portal Rumah Belajar dengan membuka laman ini https://belajar.kemdikbud.go.id/
  • Klik di bagian fitur utama dan pilih Kelas Maya
  • Klik daftar untuk melakukan pendafaran
  • Pilih mendaftar dengan menggunakan akun gmail (google)
  • Isi semua data yang diminta pada setiap kolomnya
  • Siapkan NPSN untuk mendaftarkan sekolah, NIK untuk guru, dan NISN untuk siswa
  • Klik daftar
  • Login dengan memasukan username dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran

Setelah kelas maya sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat kegiatan pembelajaran dengan mengisi pengaturan awal, modul, dan soal ujian. Cara mengisi kegiatan pembelajaran dan memberikan penilaian hasil pekerjaan siswa dapat dilihat pada video tutorial berikut.

Selanjunya kita tinggal integrasikan dengan model pembelajaran SOLE yang terdiri atas tiga tahap aktifitas yang harus dilakukan siswa. Guru hanya bertugas memberikan pemicu dalam bentuk pertanyaan terkait materi yang akan dibahas. Aktifitas selanjutnya tergantung kreatifitas siswa dalam menjawab pertanyaan tersebut. Tiga tahapan aktifitas yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

Pertanyaan (Question)

Berikan pertanyaan melalui forum yang tersedia di fitur Kelas Maya yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan diajarkan. Misalkan seperti ini, jelaskan mengapa wawasan nusantara itu penting bagi bangsa Indonesia termasuk bagi kalian sebagai siswa?


Investigasi (Investigate)

Siswa mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya dengan memanfaatkan beberapa platform yang sudah disediakan oleh guru melalui Kelas Maya maupun mencari dari sumber lain.


Mengulas (Review)

Siswa mempresentasikan hasil penemuan mereka terhadap pertanyaan yang diberikan dengan mengetikannya langsung di bagian forum diskusi pada Kelas Maya.

Tonton juga video pemanfaatan fitur Kelas Maya dalam proses pembelajaran daring di masa Pandemi COVID-19 berikut.

Nah, itu tadi pengimplementasian pemanfaatan fitur Kelas Maya yang ada di Portal Rumah Belajar dengan menggunakan model SOLE. Jangan lupa untuk mengakses Portal Rumah Belajar dan download aplikasinya melalui playstore (download disini), ubah pembelajaran daring biar nggak garing. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Poralnya, Maju Indonesia.

Dengan Portal Rumah Belajar; Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja!


1 comment:

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...