Friday, October 9, 2020

Rumah Belajar Goes to School #6 Perdana Tampil di Depan Sahabat-Sahabat Guru SMPN 2 Bintan

Assalamualaikum wr.wb., salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

(ruang kegiatan di labor komputer)

Sobat mediapknonline dan Sahabat Rumah Belajar, kita sekarang sudah memasuki roadshow ke 6 terkait pensosialisasian Portal Rumah Belajar. Namun kali ini, dilakukan secara tatap muka dengan langsung berjumpa mendatangi sahabat-shabat guru hebat di SMPN 2 Bintan. Saya tidak sendirian tapi berdua berkolaborasi dengan Pak Nurjaman dan ditemani Kang Arman salah satu GGD dari Kabupaten Bintan yang kebetulan mengajar di sekolah tersebut.

(ditemani Kang Arman, rekan GGD Kab. Bintan)

Pagi itu ketika saya hendak berangkat dari rumah, gerimis tak kunjung reda sedari malam. Ini sedikit menghambat gerak saya untuk melangkah menuju ke pelabuhan desa yang berjarak kurang lebih 4 km. Syukurnya saya bisa sampai di pelabuhan tepat waktu meski pakaian yang dikenakan sedikit kebasahan. Pukul 07.40 WIB pompong mulai jalan dari pelabuhan Gin Besar Desa Numbing dan sampailah di Pelabuhan Pantai Indah Kijang pukul 8.20 WIB. Cus kita menuju ke lokasi tujuan dan tibalah kami di SMPN 2 Bintan.

Kegiatan dimuali sekitar pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Ibu Marlina Sari, S.Pd. selaku waka kurikulum. Luar biasa, ternyata yang datang lumayan juga ada 27 sahabat guru dari SMPN 2 Bintan yang siap menerima sosialisasi Portal Rumah Belajar dari kami. 
(daftar hadir 1)

(daftar hadir 2-lanjutan)

Kegiatan selanjutnya langsung ke pemaparan umum tentang Portal Rumah Belajar oleh Pak Nurjaman sembari memberikan ice breaking dan membagi-bagikan stiker Rumah Belajar ke peserta. 

Mengenai Portal Rumah Belajar secara umum sudah dikupas tuntas oleh Pak Nurjaman. Temasuk fitur terbaru, yakni Edugame yang langsung dicoba oleh sahabat guru disana dan menjadi daya tarik tersendiri. Para sahabat guru disana senang memainkan beberapa game yang ada di Portal Rumah Belajar.
(SRB Anggi mempresentasikan cara mendaftar akun Sumber Belajar)

Selanjutnya bagian saya untuk mengeksekusi bagaimana cara untuk mengakses dan mendaftar ke fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar. Pertama mulai dari mendaftarkan sekolah ke Portal Rumah Belajar, lanjut ke pendaftaran di fitur sumber belajar, dan kelas maya. Alhamdulilah, saat itu juga sahabat guru SMPN 2 Bintan sudah berhasil memiliki akun sumber belajar dan kelas maya di Portal Rumah Belajar. Meski masih ada beberapa yang belum memiliki akun karena lupa NUPTK dan jaringan internet kurang stabil.
(SRB Anggi memberikan pendampingan)

Tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11.30 WIB dan kami pun menyudahi perjumpaan ini karena sudah memasuki waktu Jum’atan. Sesi terakhir sebelum kami berangjak dari SMPN 2 Bintan adalah foto bersama.
(foto bersama seusai kegiatan)

Sahabat, tunggu apa lagi yuk akses Portal Rumah Belajar untuk bisa mendapatkan kemudahan belajar dan mencari berbagai sumber referensi penunjang pembelajaran selama daring. Sahabat juga bisa langsung install aplikasi Rumah Belajar di handphone melalui playstore. Rumah Belajar, satu portalnya berjuta rasa di dalamnya. (Download Aplikasi Rumah Belajar).

Berikut dokumentasi video yang berhasil saya rekam dari kegiatan sosialisasi tatap maya Portal Rumah Belajar di SMPN 2 Bintan.


Nah itu tadi sekelumit dokumentasi yang bisa saya paparkan lewat blog ini terkait sosialisasi Portal Rumah Belajar Tatap Muka di SMPN 2 Binan. Semoga bermanfaat, terimakasih.


"Dengan Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja"
Lokasi: Jl. Semen Tokojo, Kijang Kota, Bintan Tim., Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...