Monday, October 5, 2020

Rumah Belajar on Virtual Conference #1 Dari Sekolah Pulau (SMAN 1 Bintan Pesisir) kita Beranjak!

(flayer kegiatan, design by Anggi Perdana)

Assalamualaikum wr.wb., salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan. Sobat mediapknonline dan Sahabat Rumah Belajar, sudahkah sekolah sahabat kedatangan para Sahabat Rumah Belajar dari wilayahnya masing-masing? Jika belum, tunggu saja kedatangan mereka ke sekolah-sekolah sahabat sekalian. Meski pun hanya melalui tatap maya secara virtual, itu tak mengapa. Terpenting, informasi terkait Portal Rumah Belajar dapat tersampaikan. Sebelum on Virtual Conference sosialisasi Portal Rumah Belajar diberlangsungkan, saya uji cobakan dulu untuk pemanasan dengan live streaming melalui channel YouTube MediaPPKn Online berikut. 

Percobaan pertama pada pukul 10.00 WIB mengalami kendala teknis, suara audionya tidak mau keluar. Akhirnya saya tunda dan coba perbaiki dulu masalahnya. Setelah terkondisikan, streaming dimulai kembali pada pukul 13.00 - 14.00 WIB. Alhamdulillah berjalan lancar, ya meski jumlah peserta yang gabung sedikit yakni; 2 dari Kepri dan 3 dari luar Kepri. Daftar hadir peserta sosialisasi Poral Rumah Belajar on Streaming Youtube dapat dilihat disini (unduh daftar peserta). 

(screenshot saat pembukaan kegiatan sosialisasi di SMAN 1 Binsir)

Setelah ujicoba lewat streaming, esok harinya mulai bergerilya melakukan sosialisasi Portal Rumah Belajar dari sekolah sendiri. SMAN 1 Bintan Pesisir merupakan sekolah dimana saya ditugaskan sebagai ASN dari program Guru Garis Depan (GGD) tahap II tahun 2017. Bersama rekan saya yaitu Pak Nurjaman yang juga satu anggkatan di program GGD juga sebagai SRB Kepri 2020, kami melancarkan misi pertama dalam PembaTIK level 4 ini untuk berbagi informasi atau mensosialisasikan Portal Rumah Belajar dari “rumah” sendiri melalui virtual conference dengan Zoom Meeting pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020.

Virtual conference sosialisasi Portal Rumah Belajar dimulai pukul 10.00-12.00 WIB, dipandu oleh Bu Tesa selaku wakil kurikulum dan dihadiri oleh Bapak/Ibu guru, serta Kepala SMAN 1 Bintan Pesisir yaitu Drs. Armaisal, MM yang juga membuka kegiatan tersebut serta mengikuti jalannya proses pensosialisasian Portal Rumah Belajar dari awal hingga selesai. Saat membuka kegiatan, ada satu kalimat dari beliau yang mampu menggugah semangat kami guru-guru di SMAN 1 Bintan Pesisir untuk bisa lebih percaya diri dan terus semangat dalam menggali serta mengembangkan kompetensi diri menjadi lebih baik lagi. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada saya dan Pak Nur bahwa kami telah mengharumkan nama sekolah. Pencapaian ini kemudian menjadi perbincangan yang positif diantara kepala sekolah Se-Bintan.

(screenshot selepas kegiatan sosialisasi di SMAN 1 Binsir)

Saya dan pak Nurjaman selaku narasumber, berbagi tugas terkait dengan materi yang disampaikan mengenai Portal Rumah Belajar. Saya bagian pemaparan umum Portal Rumah Belajar termasuk fitur-fitur yang ada di dalamnya, sementara pak Nur lebih ke pengaplikasiannya. 

Alhamdulilah, semua peserta (12 guru) antusisas dan tertarik dengan adanya Portal Rumah Belajar karena memiliki banyak fitur yang menarik dan mudah diakses baik melalui website maupun aplikasi. Apalagi sekarang didukung dengan adanya bantuan kuota dari pemerintah yang kemudian dapat digunakan untuk mengakses Portal Rumah Belajar secara GRATIS

Adapun daftar hadir peserta sosialisasi Poral Rumah Belajar yang telah dilaksanakan di SMAN 1 Bintan Pesisir dapat dilihat disini (unduh daftar peserta).

Buat sahabat yang ingin melihat tayangan virtual conference sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMAN 1 Bintan Pesisir, berikut adalah videonya.

Yuk, buruan download aplikasi Rumah Belajar di Playstore dan manfaatkan berbagai fitur yang ada untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan Portal Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja. (Download Apk Rumah Belajar)

Nah itu tadi sekelumit dokumentasi yang bisa saya paparkan lewat blog ini terkait sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMAN 1 Bintan Pesisir. Semoga bermanfaat, terimakasih.

1 comment:

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...