Thursday, October 8, 2020

Rumah Belajar on Virtual Conference #5 Ngrumpi Bareng Emak-Mak MGMP PPKn Bintan

(flayer kegiatan, design by Anggi Perdana)

Assalamualaikum wr.wb., salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan. Sobat mediapknonline dan Sahabat Rumah Belajar, berjumpa kembali dengan saya Pak Anggi yang pada kesempatan ini kita masih akan mengulas roadshow Rumah Belajar on Virtual Conference. Dimana sebelumnya ada 3 sekolah yang sudah dikunjungi dan 1 komunitas profesi yakni; SMAN 1 Bintan Pesisir di Numbing, SMAN 2 Bintan Pesisir di Kelong, SMAN 1 Mantang di Mantang, dan PC PGRI Kecamatan Kundur Barat-Karimun. Kali ini kita kembali ke Bintan untuk menemui guru-guru hebat dari MGMP PPKn.

Basic saya memang mengampu mata pelajaran PPKn dan tergabung dalam MGMP dipercayai menjadi wakil yang mendampingi Ibu Yeni selaku ketuanya. Uniknya, di MGMP ini laki-lakinya hanya ada satu yaitu saya dan selebihnya ibu-ibu yang sudah senior makanya kerap kali saya sebut emak-mak. Hehe, bencanda ya bu ibu. Ada juga sih beberapa yang mudanya, terutama anggota yang baru bergabung dengan MGMP PPKn Kabupaten Bintan.

(kegiatan dibuka oleh Ibu Yeni selaku ketua MGMP PPKn Bintan)

Okay, kembali ke roadshow vicon sosialisasi Portal Rumah Belajar dengan MGMP PPKn Bintan. Kemarin, pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 mulai pukul 13.00-14.00 WIB saya telah mensosialisasikan Portal Rumah Belajar dengan MGMP PPKn Bintan via zoom meeting. Kegiatan dibuka langsung oleh Ibu Yeni selaku ketua MGMP PPKn, sayangnya partisipasi dari sahabat MGMP ini masih minim tapi tidak mengapa. Mungkin karena banyak diantara kita yang tempat tinggalnya masih mengalami keterbatasan jaringan atau sedang ada kesibukan lainnya yang tidak bisa ditinggalkan. Tapi ada beberapa guru PPKn yang sebelumnya sudah mengikuti pensosialisasian Portal Rumah Belajar dari saya lewa sekolahnya masing-masing. Seperti Ibu Merna ketika di SMA Kelong dan Ibu Erny Violita di SMA Mantang.

Meski jumlah partisipannya (5 guru PPKn) sedikit tapi sosialisasi tetap dilanjutkan, paling tidak informasi mengenai Portal Rumah Belajar tersampaikan ke beberapa sahabat guru MGMP PPKn yang hadir sehingga nantinya dapat meneruskan informasi tersebut ke sekolahnya masing-masing. Adapun file jumlah peserta dapat dilihat disini (unduh daftar hadir).

Alhamdulliah, dalam kegiatan tersebut saya mendapatkan dorongan penuh juga dari sahabat MGMP PPKn Bintan untuk terus bersemangat dalam berbagi hal-hal baik yang memiliki kebermanfaatan bagi orang banyak. Sahabat MGMP pun memberikan apresiasi untuk pemerintah dalam hal ini Pusdatin Kemendikbud terkait dengan adanya pengembangan Portal Rumah Belajar yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Namun masih banyak yang perlu ditambahkan pada konten di portal tersebut, terutama untuk sumber-sumber atau media penunjang pembelajaran PPKn yang masih sangat minim.

(kegiaan ditutup oleh Ibu Yeni)

Ini menjadi masukan untuk Pusdatin Kemendikbud, agar terus melakukan upaya pengembangan konten pada Portal Rumah Belajar sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa maupun guru dalam menunjang proses pembelajaran. 

Berikut video rekaman dari hasil virtual conference sosialisasi Portal Rumah Belajar bersama MGMP PPKn Bintan.

Portal Rumah Belajar ini sangat kompleks, kenapa?

Karena dalam satu portal ada banyak fitur maupun konten yang bisa sahabat akses. Sahabat tidak percaya?

Silahkan klik saja Portal Rumah Belajar, dan cek sendiri berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Sahabat juga bisa menginstallnya langsung di handphone melalui playstore. (Download Apk Rumah Belajar)

Nah itu tadi sekelumit dokumentasi yang bisa saya paparkan lewat blog ini terkait sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMAN 1 Bintan Pesisir. Semoga bermanfaat, terimakasih.

“Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja”

0 komentar:

Post a Comment

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...