Wednesday, October 7, 2020

Rumah Belajar on Virtual Conference #2 Menyisiri Sekolah (SMAN 2 Bintan Pesisir) Bagian Pesisir

(flayer kegiatan, design by Anggi Perdana)

Assalamualaikum wr.wb., salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan. Sobat mediapknonline dan Sahabat Rumah Belajar, dalam minggu ini kita masih akan membahas mengenai pelaksanaan sosialisasi Portal Rumah Belajar. Sosialisasi ini adalah sebuah misi yang emban oleh para Sahabat Rumah Belajar di PembaTIK level 4 untuk berbagi praktik baik dengan sesama. Misi berbagi yang kita bawa adalah mengenalkan Portal Rumah Belajar kepada guru-guru juga siswa terutama yang ada di wilayah atau region dimana kita bertugas.

Nah, berhubung saya bertugas di daerah pulau yakni di SMAN 1 Bintan Pesisir, Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Maka sasarannya adalah guru-guru yang ada di sekolah pulau Numbing. Tapi karena di Numbing jumlah sekolahnya sangat minim mengharuskan saya untuk meloncat ke pulau seberang untuk mensosialisasikan Portal Rumah Belajar, yakni ke SMAN 2 Bintan Pesisir yang ada di Kelong.

Alhamdulilah, setelah meminta ijin langsung ke Pak Kamsuri selaku Kepala Sekolah disana kami diberikan kesempaan untuk bertatap maya dengan rekan-rekan guru SMAN 2 Bintan Pesisir melalui via zoom meeting.

Dalam sosialisasi kedua ini, saya masih berkolaborasi dengan Pak Nurjaman. Seperti biasa, kami membagi tugas dengan merollingnya. Kali ini saya mendapat bagian untuk memaparkan bagaimana cara mengakses fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar. Sedangkan Pak Nurjaman, bagian pengenalan umum tentang Portal Rumah Belajar.

(screenshoot saat pemaparan materi oleh Anggi Perdana)

Kegiatan berlangsung tanggal 6 Oktober 2020 dimulai dari pukul 10.00 – 11.30 WIB, yang dibuka langsung oleh Pak Pahan selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan dipandu oleh Ibu Merna serta dihadiri oleh 8 sahabat guru disana. Saat iu memang sedang berbenturan dengan persiapan supervisi di SMAN 2 Bintan Pesisir, jadi hanya sebagian guru yang mengikuti vicon. Meski demikian, sahabat guru disana tetap ada yang berpartisipasi dan mau memberi kesempatan juga meluangkan waktunya untuk mengikuti virtual conference melalui zoom meeting pensosialisasian Portal Rumah Belajar. Adapun file daftar hadir peserta dapat dilihat disini (unduh daftar hadir).

(screenshot seusai kegiatan)

Apresiasi yang diberikan oleh rekan-rekan guru di SMAN 2 Bintan Pesisir sangat luar biasa, Bapak/Ibu gurunya mensupport penuh dengan apa yang kita lakukan. Bahkan ada yang kemudian termotivasi untuk mengikuti kegiatan PembaTIK di tahun berikutnya. Obrolan kami berlanjut hangat, karena sebagian besar kita sudah saling mengenal sebelumnya dan ada beberapa guru yang dulunya pernah juga mengajar di SMA Numbing. Sahabat dapat menyimak rekaman video virtual conferencenya dibawah ini.

Sahabat, Portal Rumah Belajar ini kaya akan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring di masa darurat covid-19. Untuk itu, tunggu apalagi yuk install aplikasi Rumah Belajar di handphone sahabat langsung dari playstore. Dengan Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kpan Saja, dan Dengan Siapa Saja. (download aplikasi Rumah Belajar)


Nah itu tadi sekelumit dokumentasi yang bisa saya paparkan lewat blog ini terkait sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMAN 2 Bintan Pesisir. Semoga bermanfaat, terimakasih.


“Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja”
Lokasi: Kelong, Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia

1 comment:

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...