Wednesday, October 7, 2020

Rumah Belajar on Virtual Conference #3 Sedikit Melancong ke (SMAN 1 Mantang) Pulau Seberang

 

(flayer kegiatan, design by Anggi Perdana)

Assalamualaikum wr.wb., salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan. Sobat mediapknonline dan Sahabat Rumah Belajar, masih bersama saya Pak Anggi SRB Kepri 2020 yang pada kesempatan kali ini akan berbagi keseruan bersama sahabat selama menjalani misi di PembaTIK level 4. Misi yang saya lakukan selaku bagian dari ke-30 SRB Kepri adalah mensosialisasikan Portal Rumah Belajar. Setelah sebelumnya sukses berbagi di SMAN 1 Bintan Pesisir (Numbing) dan SMAN 2 Bintan Pesisir (Kelong), kali ini kita akan meloncat ke SMAN 1 Mantang.

Masih bersama Pak Nurjaman saya berkolaborasi untuk berbagi informasi terkait Portal Rumah Belajar. Seperti biasa, kita melakukan pergantian dalam penyampaian materi sosialisasi dan begitu seterusnya. Ini kita lakukan supaya bisa saling mengisi dan pada akhirnya kita dapat menguasai materi sosialisasi terkait dengan Portal Rumah Belajar secara keseluruhan. Selain itu, dengan pembagian materi sosialisasi juga dapat meringankan beban dari narasumber dan dapat mengefisienkan waktu yang ada.

Kegiatan sosialisasi di SMAN 1 Mantang diberlangsungkan pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2020, pukul 13.00-14.30 WIB yang dipandu oleh Ibu Sulvia dan dibuka oleh Ibu Linda selaku Wakil Kepala Sekolah. Tentunya dihadiri oleh sahabat-sahabat guru SMAN 1 Mantang yang super hebat dan kompak, karena semuanya (17 guru) ikut nimbrung di zoom meeting siang itu. Adapun file daftar hadirnya dapat dilihat disini (unduh daftar hadir).

(kegiatan vicon dibuka oleh Ibu Linda)

Luar biasa, sahabat yang dari Mantang ini juga banyak ingin tahu tentang kebermanfaatan dan cara mengakses Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Namun, permasalahan disana adalah masih kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring.

(kegiatan dimoderatori oleh Ibu Sulviana)

Solusi tepatnya adalah mengenalkan Portal Rumah Belajar kepada siswa. Di dalam satu Portal Rumah Belajar ada banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring yang dikemas secara menarik. Ada kelas maya, laboratorium maya, sumber belajar, bank soal, peta budaya, wahana jelajah angkasa, BSE, PKB, karya bahasa, dan edugame. Ditambah lagi dengan adanya sumber belajar lainnya yang dapat diakses oleh guru maupun siswa untuk menunjang proses pembelajaran jarak jauh/daring di tengah masa darurat covid-19 seperti sekarang ini. Sahabat bisa melihat record viconnya disni ya.

Agenda vicon hari ini selesai, malamnya kita lanjut NgoPi (Ngobrol Pintar) bareng sahabat Guru Merdeka Belajar (GMB) via telegram. Masih tetap dalam rangkaian menjalankan misi berbagi untuk mengenalkan fitur-fiur rumah belajar ke sahabat GMB.

Tunggu apalagi jom saja ke Portal Rumah Belajar dan install langsung aplikasinya di handphone sahabat lewat playstore. Rasakan kemudahan dan keseruannya menggunakan Portal Rumah Belajar dalam proses pembelajaran daring. Dengan Portal Rumah Belajar, Belajar Daring jadi nggak Garing. (Download Apk Rumah Belajar)


Nah itu tadi sekelumit dokumentasi yang bisa saya paparkan lewat blog ini terkait sosialisasi Portal Rumah Belajar di SMAN 1 Mantang. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 “Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja”


0 komentar:

Post a Comment

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...