Friday, January 17, 2020

Pemanfaatan Media Roulette dalam Pembelajaran PPKn Mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa

Roulette merupakan sebuah media yang dikembangkan secara sederhana dengan memanfaatkan mainan spiner guna menunjang pembelajaran PPKn di kelas. Adapun tujuannya yaitu untuk menjadikan suasana belajar lebih aktif dan menyenangkan bagi siswa. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, kebanyakan siswa merasa bosan dan tidak bersemangat jika mengikuti pelajaran PPKn. Oleh karena itu, dengan adanya pengembangan dan pemanfaatan media roulette harapannya tidak ada lagi yang beranggapan seperti itu.
Pemanfaatan Media Roulette dalam Pembelajaran PPKn Mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa
Media roulette ini dikembangkan untuk menunjang pembelajaran PPKn kelas X materi Kelembagaan Negara Republik Indonesia. Media Roulette Kenari dapat digunakan sebagai pengantar materi maupun evaluasi. Adapun komponennya terdiri dari; sniper, kardus bekas ukuran tebal, karton, spidol, gunting, cutter, dan doubletipe. Cara pembuatan media Roulette Kenari dapat dilihat pada tayangan berikut.
Adapun pemenfaatan dari media Roulette Kenari dapat dilihat pada tayangan di bawah ini.
Alhasil, dengan menggunakan media Roulette Kenari proses pembelajaran PPKn jauh menjadi menyenangkan karena di akhir pembelajaran ada bonus yang menanti mereka. Selain itu, tingkat keatifan siswa di kelas pun meningkat. 
Semoga artikel Pemanfaatan Media Roulette dalam Pembelajaran PPKn Mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dapat bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...