Sunday, January 12, 2020

Jejak Prestasi si Guru Pulau

Blog MediaPPKn Online ini dikembangkan oleh Pak Anggi Perdana seorang guru pulau yang selalu ingin berkembang dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru profesional. Wilayah tugas yang berada di tengah kebun karet dan di sebuah pulau kecil di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau tidak menjadi penghalang untuk terus bergerak dan berkarya menciptakan sebuah inovasi hingga berbuah prestasi.

Sejak tanggal 01 Agustus 2017, Pak Anggi mendapat SK di SMAN 1 Bintan Pesisir melalui rekrutmen CPNS/ASN Formasi Khusus Guru Garis Depan Tahap II. Dimana sebelumnya, pada tahun 2013 Pak Anggi pernah mengikuti program SM-3T angkatan III yang diluncurkan oleh Kemdikbud berlanjut dengan mengikuti PPG Prajabatan di UNY selama 2 semester pada tahun 2015 lalu. 

Sebagai wujud dedikasi untuk memajukan pendidikan terutama di sekolah pulau, Pak Anggi selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan terus berkarya dan berinovasi. Sejak tahun 2017 menjadi ASN hingga sekarang sudah ada beberapa karya inovasi yang menghasilkan prestasi yang telah diraih, diantaranya:

  1. Juara Favorit Tingkat Nasional dalam Lomba Cipta Media Pembelajaran Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh BPAK dan Dompet Dhuafa pada Februari 2018 dengan karya BoardGame PaPion W-Nak.
  2. Finalis 10 Besar Tingkat Provinsi dalam Lomba Pembuatan Media dalam rangka memperingati HARDIKNAS 2019 yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggara HARDIKNAS KEPRI pada April 2019 dengan karya berupa BoardGame PaPion InteNas.
  3. Finalis INOBEL Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kesharlingdung Dikmen & Diksus pada pertengahan - akhir tahun 2019 dengan karya BoardGame Civicfunpoly.
  4. Menerbitkan buku berISBN, dua sekaligus di akhir tahun 2019 dengan judul: Meniiti Asa dari Pelosok Negeri dan Pengembangan Board Game Civicfunpoly dalam Pembelajaran PPKn.
  5. Menerbitkan buku antologi pada tahun 2020 dengan para finalis Inobel Nasional tahun 2019 dengan judul: Bergerak dan Berbagi.
  6. Menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB) KEPRI melalui kegiatan BIMTEK PembaTIK yang diselenggarakan oleh PUSDATIN KEMDIKBUD tahun 2020.
  7. Juara 1 Tingkat Nasional dalam Lomba Video Pembelajaran Interaktif Guru 5.0 dalam ajang iFEST bersama Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Mei 2021.
  8. Juara 3 Tingkat Nasional LINKAR ke-8, diselenggarakan oleh ASTRA dan KEMDIKBUD RISTEK Mei 2021.
  9. Juara 2 Tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Media PPKn yang diselenggarakan oleh Prodi PPKn FIKIP Universitas Lampung (UNILA) Oktober 2021.
  10. Juara 1 Tingkat Nasional dalam Lomba Guru Kreatif dalam rangka DIES NATALIS UNNES ke-57 diselenggarakan oleh FIP Mei 2022.
  11. Juara 3 Tingkat Nasional LINKAR ke-9, diselenggarakan oleh ASTRA dan KEMDIKBUD RISTEK April 2022.
  12. Juara 3 Tingkat Nasional dalam ajang lomba "Guru Unggul" Pijar Sekolah by Telkom Indonesia yang diselenggarakan pada 3 Agustus - 1 Oktober 2022.
  13. Juara Harapan 1 Tingkat Nasional dalam ajang lomba "Guru Menciptakan Media Antikorupsi" yang diselenggarakan oleh alumni SAKTI Guru bekerjasama dengan ICW pada 31 Desember 2022.
Jangan lupa kunjungi juga channel YouTube MediaPPKan_Online (Official) untuk mendapatkan referensi terkait video pembelajaran PPKn/Pend. Pancasila, tutorial pengembangan media, dokumentasi lomba, dan konten edukasi lainnya.


Salam kenal untuk para guru hebat dan salam bahagia untuk kita semua!

14 comments:

  1. Luar biasa. Prestasinya dpt memberikan inspirasi. 👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimksh Bu guru milenial... Smg kita para guru muda bs mmbrikan inspirasi terbaik bg dunia pendidikan ya...

      Delete
    2. Menarik dan menginspirasi saya untuk tidak berhenti berkarya

      Delete
  2. Keren..pak, sangat menginspirasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... trmksh buk... Msh dlm proses belajar...

      Delete
  3. Semangat untuk terus berprestasi dan mengisnpirasi Mas Bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum berhasil menyabet juara 1/2/3 semangat terus membara ni

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Yang muda yang berprestasi, lur biasa, ijin ikut menggunakan media videonya mas, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap siap...boleh dipublikasikan jg pak...smga bermanfaat

      Delete
  6. Luar biasa mas Anggi.....jdi ngiler dgn prestasinya. Mantap

    ReplyDelete
  7. MasyAllaah mantap pak...
    Salam kenal dr guru di batam
    Boleh tau pak, informasi ebent ayau lomba nanti kota dapatkan darimana ?

    ReplyDelete
  8. Mantap Pak.bgm bisa bergabung 🙏

    ReplyDelete

Bilaman ada gambar/foto/file dalam beberapa postingan yang juga terdapat pada alamat web lain adalah mutlak hak milik dari sumber utama yang bersangkutan. Silahkan tinggalkan komentar, kritik, dan saran yang membangun. Terimakasih...